Thursday, April 14, 2016

Tumbuhan Langka yang Ada di Indonesia

Tumbuhan Langka yang Ada di Indonesia - Berikut ini akan kita bahas mengenai tumbuhan langka yang ada di Indonesia, antara lain :

1.  Bunga bangkai
( amorphophallus titanium )
Bunga bangkai merupakan salah satu tanaman langka yang berada di Indonesia yang cuma dapat kita temui di daerah sekitar pulau sumatera. Bau yang tidak sedap dan memiliki dua fase kehidupan dalam pertumbuhan yang saling bergantian adalah ciri yang khas dari tanaman langka yang satu ini. Oleh karena tanaman ini mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap sepeti bangkai, maka tanaman ini dinamakan bunga bangkai yang dikenal dengan nama latin amorphophallus titanum atau titan arum yang mempunyai arti bunga bangkai raksasa. Bunga bangkai termasuk dalam famili talas – talasan ( araceae ).
2. Tumbuhan kantong semar
Tumbuhan kantong semar memiliki bentuk seperti kantong dan merupakan jenis tanaman karnivora. Tumbuhan kantong semar ini mampu menjebak hewan serangga dengan cara meletakkan kelenjar nectarnya di kantong yaitu bagian tutupnya, oleh karena itu tumbuhan kantong semar ini dinamakan jenis tanaman karnivora. Nutrisi dari serangga yang tertangkap oleh kantong semar akan diserap. Tumbuhan dengan nama yang antik ini juga dapat kita temui di sekitar daerah di daratan Asia Tenggara, selain dapat ditemui di daerah sekitar negara Indonesia kita ini.
3.  Tumbuhan balam suntai
Salah satu jenis tumbuhan langka asli yang ada di Indonesia lainnya adalah tumbuhan balam suntai yang memiliki nama latin palaquium walsurifolium. Kayu dari tumbuhan yang langka ini mempunyai kualitas yang baik. Oleh sebab itu banyak oang memburu tanaman balam suntai ini, sehingga keberadaannya semakin langka.

4.
Tumbuhan Cendana

Tumbuhan cendana memiliki nama latin santalum album. Tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana adalah kegunaan yang dicari dari tanaman cendana atau cendana wangi ini. Kayu dari tumbuhan cendana yang wangi ini sering digunakan sebagai bahan membuat rempah rempah, campuran parfum dan aroma terap serta menjadi bahan untuk dupa dan juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat warangka atau sangkur keris.


Demikian merupakan contoh dari tanaman langka yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

No comments:

Post a Comment