Saturday, April 2, 2016

Beberapa Akibat Adanya Revolusi Bumi Bagi Mahkluk Hidup

Revolusi bumi adalah proses peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Proses ini membutuhkan waktu secara total adalah satu tahun surya yaitu 3651/4 . Rentang waktu ini disebut denga kala surya. Proses alami peredaran bumi mengelilingi matahari tentu memiliki beberapa dampak yang dirasakan oleh bumi. Terdapat beberaoa akibat dari revolusi bumi yang bisa dirasakan oleh makhluk hidup didalamnya. Hal ini tentu berkatian erat dengan fenomena alam yang kerap dialami oleh makhluk hidup di bumi. Proses revolusi bumi menyebabkan dampak pada keadaan bumi yang bisa dirasakan. Berikut ini beberapa akibat revolusi bumi yang perlu anda ketahui:

- Adanya perbedaan siang dan malam

Salah satu akibat revolusi bumi yang bisa dirasakan oleh manusia adalah adanya perbedaan durasi antara siang dan malam. Hal ini terjadi karena akibat dari persatuan antara kemiringan sumbu bumi terhadap bidang eliptika dan proses revolusi bumi. Perbedaan mengenai lama waktu siang dan malam ini, akan lebih terasa jika diamati disekitar kutub utara dan selatan.

- Pergerakan semu tahunan matahari

Gerak semu adalah gerak pergeseran posisi matahari menuju ke arah belahan utama bumi yang terjadi pada tanggal 22 Desember hingga 21 Juni serta ke belahan bumi selatan yang terjadi pada tanggal 21 Juni hingga 21 Desember. Sebenarnya matahari tidak bergerak karena hal ini disebabkan rotasi bumi yang miring.

- Terjadinya perubahan musim

Dampak revolusi bumi yang bisa dirasakan oleh manusia adalah adanya perubahan musim. Ketika matahari menuju belahan bumi utara, maka akan terjadi musim semi. Selain itu, ketika belahan bumi menuju ke selatan, maka akan terjadi musim gugur.

- Perbedaan rasi bintang yang terjadi setiap bulan

Setiap bulan aka nada kenampakan rasi bintang waluku, scorpio dan lains sebagainya. Hal ini dikarenakan rotasi bumi yang berpindah – pindah.

- Kalender masehi

Adanya kalender masehi adalah dampak dari revolusi bumi dimana hal ini ditetapkan oleh 180 derajat bujur timur dan barat.

Itulah beberapa akibat revolusi bumi yang bisa dirasakan dampaknya oleh makhluk hidup yang ada di bumi.

Artikel lain:

No comments:

Post a Comment